Pages

Jumat, 26 Desember 2014

Menambah atau Mengganti RAM Pada Laptop


              Kali ini saya akan bercerita mengenai cara atau tutorial menambah atau mengganti RAM laptop berdasarkan pengalaman saya pribadi. Caranya sangat mudah, yang tentunya anda pasti bisa melakukannya sendiri di rumah.
                Nah, kebetulan laptop yang saya punya adalah Acer Aspire 4253, jadi ya laptop itu yang saya gunakan pada tutorial kali ini. Apa bedanya menambah atau mengganti RAM? Pada umumnya setiap laptop mempunyai dua slot untuk RAM, dan biasanya 1 slot sedang dipakai dan 1 slot lagi masih kosong. Nah, mungkin anda mau menambahkan RAM anda dengan cara mengisi slot yang masih kosong tersebut. Kalau mengganti RAM, yaitu RAM yang sedang dipakai tersebut tadi itu diganti dengan yang baru, mungkin dengan maksud menggantinya ke kapasitas yang lebih tinggi lagi (ya sama aja intinya bertambah juga itu kapasitas RAM nya).



Tentukan Tipe RAM Yang Hendak Dibeli

            Sebelum anda hendak mengupgrade atau menambah RAM laptop anda, pastikan anda mengetahui tipe RAM yang hendak anda beli cocok dengan motherboard laptop anda, seperti apakah tipe DDR 1, DDR2 atau DDR 3, dan juga motherboardnya support sampai berapa kapasitas RAMnya (apakah sampai 4 GB, 8GB, 16GB atau lebih) dan kecepatan RAM anda (apakah sampai PC 10600, PC 12800 dan sebagainya). Informasi tersebut bisa anda dapatkan di buku manual laptop anda atau anda googling di internet.

           Bisa juga melihat tipe RAM yang anda punya saat ini dengan software, anda dapat menggunakan software yang bernama Speccy yang bisa anda download disiniYa kalau takut salah tipe, samakan aja tipenya dengan RAM yang sebelumnya, misalnya RAM yang sebelumnya memakai DDR3 2 GB PC 10600, mau dinaikkan menjadi 4 GB, maka beli yang  DDR3 4 GB PC 10600.

               Selain dapat melihat tipe RAM yang anda pakai saat ini, juga memudahkan anda apabila anda ingin menambah RAM dengan memakai dua slot sekaligus/dual channel/digandeng. Sebaiknya slot 1 dengan slot 2 sama kapasitasnya dan kecepatannya. Misalnya RAM yang di slot 1 DDR3 2GB PC10600, maka yang slot ke 2 pilih yang seperti itu juga.  



Salah pilih RAM ya resikonya tidak terbaca oleh laptop anda, misalnya:
Kasus I: Jika RAM anda saat ini DDR3 2 GB PC 10600, terus yang anda beli malah DDR2, ya sudah pasti tidak masuk. Kan bentuk slotnya DDR3 dengan DDR2 uda beda.
Kasus II: Jika RAM anda saat ini DDR3 2 GB PC 10600, terus mau anda upgrade menjadi 16 GB, kalau motherboard anda tidak support kapasitasnya sampai 16 GB ya pasti tidak terbaca.
Kasus III: Jika RAM anda saat ini DDR3 2 GB PC 10600, terus mau anda ganti menjadi 2 GB PC 12800, kalau motherboard anda tidak support kecepatannya sampai PC 12800 ya pasti tidak terbaca.

Pemasangan RAM Pada Laptop
            Siapkan terlebih dahulu obeng, tempat menampung sekrup (biar gag hilang sekrupnya ketika dilepas hehee), RAM yang sudah dibeli tadi dan peralatan lainnya yang dibutuhkan. Pemasangan dan tempat RAM pada masing-masing laptop berbeda-beda. Ada yang memang hanya sedikit bagian saja yang perlu dibuka pada cover laptop yang memang itu dibuat khusus untuk tempat RAM, dan ada juga yang harus membuka secara keseluruhan bagian cover belakang laptopnya, termasuk membuka sekrup yang terletak di dalam tempat baterainya  seperti laptop saya ini.


Buka terlebih dahulu semua sekrup yang ada di belakang cover laptop anda.

Kemudian tarik cover laptop keatas.


Jika anda ingin membuka/melepas RAM anda yang sedang dipakai dan menggantinya dengan yang baru anda beli tadi (jika anda hanya akan memasang RAM pada slot yang kosong, abaikan tahap ini, lanjutkan ke tahap selanjutnya), geser besi yang dilingkari pada gambar diatas ke arah luar dari besi tersebut secara bersamaan (yang besi kanan geser kearah kanan, begitu juga yang kiri digeser kearah kiri). Secara otomatis, RAM akan terangkat ke atas dan anda tinggal menariknya untuk melepaskannya.



Lalu, masukkan RAM anda ke dalam slot di laptop anda dengan posisi 'jungkit' diagonal seperti gambar diatas, pastikan pin (yang warna kuning kecil-kecil dan jumlahnya banyak di depan RAM) pada RAM dan lekukan kecilnya cocok dan menyatu pada slot RAM laptop anda. Kemudian tekan kebawah sampai besi yang disampingnya mengunci dan terdengar bunyi ‘klik’. (laptopnya kok berubah? yaiyalah, 2 gambar diatas saya ambil dari sumber: http://amanubelajarmenguasaikomputer.blogspot.com).

Pasang kembali cover laptop anda. Kemudian untuk memastikan RAM yang anda pasang tersebut terbaca atau tidak, yaitu dengan cara klik kanan icon My Computer pada desktop anda lalu pilih properties. Atau bisa juga dari control panel kemudian system. Nah, disitu tertera RAM anda. Perhatikan Usable RAM yang di dalam kurung (3,49 GB usable). Jika itu bertambah maka telah berhasil apa yang anda kerjakan tadi. Tetapi jika Installed memorynya bertambah, tetapi usable tidak bertambah, maka bisa jadi RAM yang anda beli rusak, RAM yang anda beli tidak support dengan motherboard laptop anda, atau OS Windowsnya tidak support pada kapasitas RAM (Windows 32 bit biasanya hanya sampai 3 Gigaan, 64 bit bisa lebih tinggi). Karena saya menggunakan OS Windows 8 32 bit, maka usable memory saya hanya bisa sampai 3,49 GB, jika memakai Windows 8 64 bit pastinya bisa lebih tinggi lagi usable RAM nya.





Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya ceritakan berdasarkan pengalaman saya, mudah-mudahan dapat membantu anda yang ingin menambah atau mengganti RAM pada laptop anda. Saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah dalam penulisan artikel ini. Terima kasih.



40 komentar:

  1. Kl pnya saya acer 4253,ddr3 1GB itu bs ditambah sampai berapa GB.? Saya masih pake windows 7 ultimate

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo utk itu bisa dilihat di buku manual laptopnya. Buku manualnya bisa di download di situs resmi acer.

      Hapus
    2. Kalau saya tidak salah bisa ditambah sampai 8 GB. Tetapi tiap slot RAM maksimalnya 4 GB. Jadi slot 1 dan 2 masing-masing dipasang RAM 4 GB, jdi totalnya 8 GB. Utk windowsnya setidaknya pakai yg operasi sistemnya 64-bit (misalnya windows 8, 64-bit) biar hasilnya maksimal.

      Hapus
    3. mas untuk Acer 4253, 1GB itu PC brapa bang..??

      Hapus
  2. Maaf Klo dari VGA nya nambah ga pas ganti ram menjadi 2gb maupun 4gb ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit bantu menjawab.
      Untuk VGA hanya bertambah VGA shared saja.

      Hapus
    2. Ya betul. Terima kasih sudah membantu menjawab mas Zaindi. :)

      Hapus
  3. Rincian tipe RAM yang agan pake buat uprage dong. ane kebetulan pake leptop ini juga dan mau upgrade RAM. (DDR dan PC berapa). Selebihnya cukup membantu tutorial dari agan. Thanks before :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di cek dengan CPU-Z dan beli yang persis juga dengan keterangan tersebut. untuk lebih maksimal sama kan dengan ram yang sudah jadi bawaan. 2gb+2gb jangan 2gb+4gb akan mengurangi performance karena berat sebelah.

      Hapus
    2. Yg saya gunakan DDR3 dan PC 10600.

      Hapus
  4. bang kalo upgrade ram dari 2 ke 4 vramnya nambah gk ? kebetulan ane make acer 4253 thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nambah. Kalo sistem operasi windowsnya 32-bit (misalnya windows 8 32-bit) biasanya ga sampai 4 GB bertambahnya, cuma sampai 3,49 GB aja batasnya. Jadi kalo mau lebih maksimal lagi nambahnya ya harus pakai sistem operasi windows yang 64-bit.

      Hapus
  5. bang kalau mau gandreng ram 2 GB DDR3 dengan ram 8 GB DDR3 juga bisa gak ,,
    ane makeq Asus A45A ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo 2 GB digandeng dgn 8 GB maka total RAM nya jdi 10 GB. Sedangkan rata-rata batas RAM laptop cuma sampai 8 GB, jadi coba pastikan dlu batas RAM laptopnya dengan melihat buku manual laptopnya atau download di google/atau situs resmi laptop.

      Hapus
  6. Punya saya Acer Aspire One 751h.. Bisa di pasang ram sampai berapa gb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengetahui spesifikasi laptopnya bisa download buku manualnya di http://www.acer.com/ac/en/US/content/drivers

      Hapus
  7. ane dah seperti itu gan type sama dengan ram bawaan laptop tapi kenapa tidak terbaca yaa...?? baru beli nih Ram nyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dilihat lagi kasus dibawah ini gan, apakah kasus agan sm seperti salah satu yg dibawah ini?

      Kasus I: Jika RAM anda saat ini DDR3 2 GB PC 10600, terus yang anda beli malah DDR2, ya sudah pasti tidak masuk. Kan bentuk slotnya DDR3 dengan DDR2 uda beda.
      Kasus II: Jika RAM anda saat ini DDR3 2 GB PC 10600, terus mau anda upgrade menjadi 16 GB, kalau motherboard anda tidak support kapasitasnya sampai 16 GB ya pasti tidak terbaca.
      Kasus III: Jika RAM anda saat ini DDR3 2 GB PC 10600, terus mau anda ganti menjadi 2 GB PC 12800, kalau motherboard anda tidak support kecepatannya sampai PC 12800 ya pasti tidak terbaca.

      Hapus
  8. Gan, laptop saya acer 4743, RAMnya DDR3 2GB PC10600 SODIM, nah saya mau beli RAM 2GB lagi buat nambahin, tapi belinya yang single atau dual ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dimaksud single atau dual adalah apakah laptop tersebut memiliki 2 slot (dual) atau 1 slot (single) untuk dimasukkan RAM tersebut. Sebagian besar laptop yang saya ketahui memiliki 2 slot. Dan biasanya cuma 1 slot yang terpasang RAM. Jadi, agan tinggal beli 1 RAM lagi yang sama persis spesifikasinya dengan RAM yang sebelumnya (Misalnya Slot satu 2GB + Slot dua 2GB = Total 4 GB), walaupun berbeda merek tidak masalah.

      Hapus
  9. Terima kasih atas infonya min sangat berguna dan bermanfaat

    BalasHapus
  10. Kalau ram 2gb DDR3 pc12800 mau di tambahin 2gb DDR3 pc10600, itu bisa nggak? Thanks atas waktunya, maklum masih awam tahap belajar utak atik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksdnya RAM semula (bawaan laptop) 2GB DDR3 PC12800 mau digandeng (berpasangan 2 sekaligus) dengan RAM 2GB DDR3 yang PC10600 gan? Kalau untuk digandeng lebih baik spesifikasi kedua RAM sama gan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan..

      Hapus
  11. Mau tanya dong.. laptopku sejak nambah RAM jadi sering jam(berhenti tiba2)

    Apakah PC10600s tidak compatible dengan PC10600?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya saya kurang tau gan mengenai perbedaan PC10600s dengan PC10600. Namun bsa saja hal itu terjadi karena memang spesifikasinya tidak sesuai dengan motherboard. Saya sarankan menggunakan spesifikasi yang sama dengan RAM bawaan laptop nya gan, atau baca buku panduan laptopnya mengenai spesifikasi RAM yang diperbolehkan..

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. bro mau tnya ?
    ram laptop saya 2gb ddr3 mau up jadi ram 6b
    soalny ada 2 slot
    slot 1 =2gb
    slot= masih kosong
    nlah saya g tau yg tipe ram saya 10600/ 12800 ? cara cektanpa bongkar bsa gk ? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bsa bro.. Cek di buku manual laptopnya aja. Kalo buku manualnya ga ada, bisa di download di situs resminya atau ditanyakan ke fanspage facebook laptop tersebut dengan mencantumkan tipe laptop yg dimiliki..

      Hapus
  14. kalau Ram pada laptop single jika di di upgrade mesti pakai yang single juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artinya cma 1 slot aja RAM nya? Ya tetep bisa di upgrade kok gan. Misalnya awalnya RAM nya 2 GB, trus mw dinaikkan menjadi 4 GB, ya tinggal beli aja RAM yg 4 GB.. Tpi ya itu tadi, RAM yg bawaaan laptop tadi yg 2 GB jadi gag terpakai..

      Hapus
  15. Permisi suhu numpang tanya masalah penambahan ram. Ram support laptop ane DDR3 PC3-12800 (single channel) dengan max bandwith (800Mhz) kira-kira kalo ane tambahin ram dengan tipe ram DDR3L PC-10600, kompatibel atau engga? dan seandainya kompatibel kira-kira itu jadi masalah tersendiri dan nurunin kinerja laptopnya ga?
    mohon pencerahannya suhu :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya ane sendiri belum pernah mencoba apakah slot DDR3 bisa dimasukkan dengan RAM DDR3L. Namun saran saya sebisa mungkin agar menggunakan tipe sejenis sesuai rekomendasi buku manual, agar tidak terdapat masalah dikemudian hari setelah pemakaian.

      Hapus
  16. Mau tanya....skrg saya guna ram bawaan laptop DDR3-1066/PC3-8500 1G...saya ingin tukar ram dari 1G ke 4G....apa kah ram yg sesuai utk ganti or tambah ram yg sedia ada?? Mohon utk infonya...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk informasi tentang ketersediaan barangnya saya sarankan mungkin bisa dicek langsung di toko komputer terdekat atau di toko-toko online yang terpercaya dengan menyebutkan spesifikasi RAM anda sebelumnya.

      Hapus
  17. Permisi tanya min, saya coba pasang ram 4 GB DDR3 1066mHz merk Samsung ke Laptop Acer Aspire 4253, tapi bermasalah gakebaca. Ini saya mau tambah (kondisi slot ram ada kosong) pas saya masukkin secara diagonal entah kenapa masuknya ga sempurna dan ga dalem , entah kurang tekan atau apa, tapi bisa di klik dan masuk (walau ga masuk sempurna), dan saya klik. Terkunci. Ketika saya hidupin lalu cek CPU-Z malah ga kebaca , di system properties juga tidak kebaca. Apa yang menyebabkan ramnya ga kebaca, mohon dibantu min buat servis pelanggan gw ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketika dimasukkin ke slot ramnya kayak keteken gitu, apakah ada step tambahan sebelum masukkin ram lalu menekannya ke bawah? BBrapa laptop lain perlu ditarik besinya sampai slotnya ngangkat baru bisa dimasukin.

      Hapus