Pages

Kamis, 21 Maret 2013

Testimoni Kuliah Online

                 



                 Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan sebuah testimoni yang telah dilakukan pada hari Jum'at, tanggal 15 Maret 2013 lalu, tepatnya pada mata kuliah Psikologi Pendidikan. Ya, itu pertama kali saya melakukan kuliah online. Serasa kesulitan saat pertama sekali dikarenakan beberapa faktor seperti koneksi yang susah, dan pengetahuan mengenai Gtalk tersebut. Oiya,
sebelumnya saya ingin menjelaskan dulu bahwasanya kami kuliah online menggunakan Gtalk melalui Gmail, lalu menginvite teman-teman semua satu angkatan, dan membuat group chat sendiri. Setiap group ada 3 orang, dan setiap orang boleh mempunyai maksimal 2 group. Dan history chat hasil diskusi kami tersebut dikirimkan ke email dosen kami, yaitu ke email Ibu Filia Dina Anggaraeni. Dan tema yang diangkat adalah mengenai Ubiquitos Computing.
               Sangat kreatif memang jika jika metode pembelajaran bisa dibuat tidak monotone. Maksud saya jika pembelajaran tidak dilakukan hanya di dalam kelas, mendengarkan dosen menjelaskan kepada mahasiswanya melalui white board dan proyektor itu sudah biasa. Dilakukan terus menerus seperti itu akan bosan juga menurut saya. Mungkin untuk kedepannya kuliah online ini bisa dibuat dari jarak jauh dengan hanya dari dalam kamar masing-masing saja. Artinya tidak perlu tatap muka untuk melakukan kuliah online. Dan berdiskusi melalui sambungan internet dari rumah masing-masing. Bayangkan saja, jadi kuliah online tanpa harus mandi, ganti baju, dan mengendarai sepeda motor lagi hanya untuk pergi ke kampus. Ya, memang seperti itu agak sulit juga, karena setiap orang setidaknya harus memiliki laptop dan modem.
                 Tapi begitupun, untuk kuliah online saya yang pertama kali ini saya rasa cukup menarik, fleksibel, dan innovative. Great!

0 komentar:

Posting Komentar