Pages

Kamis, 21 Maret 2013

Komitmen Diri Pada Fakultas Psikologi

                                 
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Pada postingan di blog saya kali ini, saya ingin menyampaikan dan berkesempatan untuk berbagi beberapa komitmen saya, yaitu mengenai beberapa komitmen saya pada fakultas psikologi. Ya, sebelumnya nama saya Muhammad Anggy Fajar Purba. Sebelumnya, untuk apa apa sih saya membuat postingan ini? Ya, mungkin nanti akan dijelaskan di paragraf selanjutnya dari postingan saya ini.


Saya mulai dengan apa itu komitmen? Seberapa pentingkah itu Komitmen?  Ya, komitmen memang dekat dengan yang namanya tanggung jawab, resiko dan tujuan. “Setiap orang harus memiliki komitmen”, begitulah setidaknya kebanyakan orang bijak mengatakannya. Atau ada juga yang mengatakan, “setiap pemimpin harus mempunyai sebuah komitmen, jika tidak bagaimana dia mau memimpin banyak orang?”. Dan ketika  saya melihat-lihat dari sebuah situs Islami, saya menemukan wallpaper bertuliskan “who can't keep commitment has no Faith ”- Prophet Muhammad (PBUH) [526-589 AD] , yang artinya siapa yang tidak menjaga komitmennya, maka tidak punya iman. Wow, bahkan di dalam agama saja komitmen sudah dijelaskan, apa itu masih tidak penting?. Dan di Kamus Besar Bahasa Indonesia saya melihat bahwa komitmen adalah perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu; kontrak. Berarti komitmen ini sangat penting. Ya, komitmen adalah janji, berbicara komitmen berarti berbicara tentang bagaimana kita menjalankan apa yang menjadi janji kita secara konsisten. Janji itu bisa ditujukan buat diri sendiri, keluarga, perusahaan, Allah, dan sebagainya, yang akhirnya membentuk komitmen terhadap diri sendiri, komitmen terhadap keluarga, komitmen terhadap perusahaan, komitmen terhadap Allah, dst.  Pertanyaannya, bagaimana cara untuk membangun dan menjaga komitmen diri, yang merupakan kunci terjaganya komitmen-komitmen yang lain? Sebenarnya itu tidak mudah, karena itu terletak apada diri kita sendiri, karena kita sendiri yang menetapkan tujuannya. Ya, komitmen memang bukanlah suatu hal yang gampang.

Ya, itulah kenapa saya membuat tulisan ini, saya tidak dapat menjaga komitmen saya sebagai seorang mahasiswa fakultas psikologi karena tidak hadir pada acara jalan santai yang telah diadakan oleh Universitas Sumatera Utara dalam rangka Hari Ulang Tahun atau Dies Natalis Universitas Sumatera Utara yang ke-60 pada hari Minggu, 21 Oktotber 2012 lalu. Saya sangat menyesal tidak mengikuti kegiatan tersebut, padahal saya setidaknya bisa mendapatkan pengalaman dari kegiatan tersebut. Saya tidak mengitu acara tersebut dikarenakan saya memang jauh-jauh hari sudah tidak niat untuk datang dan mengikuti acara tersebut, ditambah lagi pada saat paginya itu cuaca sedang gerimis dan dingin. Jadi ya semakin kuat saja keinginan saya untuk tidak datang dan saya sangat menyesali hal tersebut.
Saya pun berfikir sejenak. Memang benar juga, mungkin karena saya menganggap acara itu tidak terlalu penting, jadinya saya tidak ingin untuk ikut acara tersebut.

Akhirnya saya menyadari tindakan yang saya lakukan adalah sebuah kesalahan besar yang seharusnya tidak dilakukan oleh seorang mahasiswa karena dapat mencoreng nama baik fakultasnya, termasuk fakultas psikologi ini. Dan saya berkomitmen atau berjanji untuk tidak mengulangi hal tersebut dikemudian hari, kemudian bersedia mengikuti kegiatan yang telah diwajibkan dan ditetapkan oleh fakultas ataupun universitas  dan jika saya melanggar hal itu, maka siap menerima sanksi-sanksi yang diberikan kepada saya jikalau saya melanggar janji atau komitmen yang telah saya buat ini.

Semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat untuk semuanya, terutama mahasiswa/i fakultas psikologi yang lainnya agar dapat dijadikan pelajaran yang sangat berharga dan agar dapat lebih menjaga dan berkomitmen dalam bertindak.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


0 komentar:

Posting Komentar